Ilmu Komunikasi, Universitas Udayana

Wah, ternyata banyak dari pembaca yang tertarik sama Ilmu Komunikasi. Banyak juga yang bertanya, apa sih itu ilmu komunikasi, bagaimana pelajarannya, bagaimana prospek kerjanya, dll. Sesuai permintaan, akan saya ceritakan sekilas semua informasi tentang ilmu komunikasi, supaya kalian yang baru lulus SMA/SMK dan ingin melanjutkan ke perguruan tinggi punya bayangan.

Apa itu Ilmu Komunikasi ?

Ilmu Komunikasi sebenarnya punya banyak pengertian secara umum dan khusus. Tapi supaya lebih mudah untuk kalian mengerti, mungkin definisi dari ilmu komunikasi itu adalah ilmu yang mempelajari proses pengiriman dan penerimaan pesan, baik verbal maupun non verbal. Gampang ya kelihatannya?
Dalam kehidupan sehari-hari kita pasti akan selalu berkomunikasi, secara sadar atau tidak sadar. Ketika kamu menyapa temanmu yang berkunjung kerumahmu. Ketika kamu marah kamu memilih bersikap diam, itupun juga adalah bentuk komunikasi. Ketika kalian buat status di twitter, path, atau upload gambar di instagram, semuanya itu juga adalah bentuk komunikasi. Semua tindakan kalian pasti memiliki maksud. Ada pesan yang ingin kalian sampaikan melalui tindakan kalian. Itu adalah komunikasi skala kecil. Bila kita lihat lebih luas, iklan yang kalian lihat di TV itu juga termasuk bentuk komunikasi. Naskah berita, naskah pidato, kampanye, sosialisasi tentang sesuatu juga adalah bentuk komunikasi, karena disana terdapat sebuah pesan yang ingin disampaikan. Sampai sini dulu, sudah ada bayangan kan ? Lanjut ya.

Apa saja pelajarannya kalau kita kuliah di Ilmu Komunikasi?

Wah, banyak ! Tergantung setiap universitas sih. Tapi yang perlu kalian tahu, komunikasi punya beberapa konsentrasi yaitu:

1. Komunikasi Antar Pribadi

2. Komunikasi Kelompok

3. Komunikasi Organisasi

4. Komunikasi Massa

Kalau konsentrasi di bidang komunikasi massa, maka kalian akan belajar tentang jurnalistik, mulai dari buat berita, pegang kamera, jadi hostnya, buat program acara sendiri, sampai menajemen media massa juga akan kalian pelajari. Kalai konsentrasi di komunikasi organisasi, kalian akan belajar bagaimana cara memimpin, komunikasi antar bagian di dalam organisasi, menjadi public relation, dll.

Bagaimana prospek kerjanya

Apalagi ini. Kalian jangan takut kekurangan lowongan kerja. Di dunia yang serba online, dan pastinya sudah sangat mengglobal, praktisi komunikasi pasti akan sangat dibutuhkan di setiap lini. Paling tidak sampai 20 tahun kedepan, kebutuhan akan praktisi komunikasi akan semakin meningkat. Coba kalian pelajari ilmu komunikasi, pasti kalian akan menyadari betapa pentingnya ilmu yang satu ini huahahaha (semua ilmu pasti jagoin ilmunya masing-masing yak). Kalian bisa kerja di media, bisa juga di perusahaan apa saja, bahkan bekerja di sebuah event organizer.

Bagaimana Ilmu Komunikasi di Universitas Udayana

First of all, perkenalkan dulu, saya adalah angkatan pertama di program studi ini ๐Ÿ™‚ . Saya berbaik hati mau menginformasikan sama kalian bagaimana sih kuliah disini. Untuk lokasi perkuliahannya sendiri ada di jalan P.B Sudirman Denpasar. Lokasinya di tengah kota, jadi strategis. Strategis buat jalan-jalan, cari makan enak, cari kos-kosan nyaman hahaha. Kalau perkuliahannya sampai saat ini sangat menyenangkan. Cuma untuk praktek, karena saya masih angkatan pertama masih agak jarang. Tapi kalo materi dan tugas-tugas, kita nggak kalah kok sama universitas lain. Sampai detik ini, program studi ini baru saja dinilai sama tim penguji akreditasi, belum keluar hasilnya bagaimana, tapi karena belum ada lulusan, kemungkinan besar kita dapat C. Tapi jangan khawatir, seiring berjalannya waktu, prodi ini pasti bakal meningkat statusnya.

Segitu dulu yaa, kalau kalian merasa kurang jelas atau masih pingin tanya tanya, boleh langsung komentar disini, atau boleh juga via twitter @galuhpraba supaya lebih cepat responnya.
Good luck !

9 thoughts on “Ilmu Komunikasi, Universitas Udayana

  1. permisi kak, kakak presenter di dewata tv itu kan? saya pernah melakukan kunjungan industri ke sana. saya mau tanya apakah disana menerima murid smk ti untuk training? kalau iya, akan ditempatkan di bagian mana?

  2. halo kak artikelnya sangat membantu, aku mau nanya yaa, di jurusan ini apa ada pelajaran tentang bahasa inggris ? kurang lebih spt jurusan sasing ? atau tidak sm sekali ya ? soalnya terkait komunikasi perlu penguasaan bahasa inggris juga, cerita sedikit yaa karena aku lagi bingung antara jurusan sasing/ilkom, aku suka sama pelajaran bahasa inggris, tapi juga suka berkomunikasi luas terkait ilkom, saran kakak untuk aku gimana mohon dijawab terimakasih ๐Ÿ™๐Ÿป๐Ÿ’˜

    • halo trisna. Maaf lama sekali saya balas pesan kamu. Ya saya rasa di setiap mata kuliah apapun jurusannya akan ditambahkan mata kuliah bahasa inggris, tetapi biasanya hanya satu semester saja. Dalam kuliah awal ada materi dasar seperti kewarganegaraan, statistika (ada hitung hitungannya), bahkan hingga bahasa indonesia.

      Saran saya jika kamu mengambil jurusan bahasa inggris maka disana kamu akan belajar lebih dalam soal bahasa hingga culture atau budaya. setahu saya di sastra inggris pun ada penjurusan apakah merunut ke amerika atau inggris. disana akan dibahas lebih dalam soaln culture kedua negara tersebut. If you continue sasing, maka bisa jadi interpreter, ke pariwisata, atau kemanapun ya karena ranahnya luas.

      namun di ilmu komunikasi, kamu akan belajar tentang komunikasi organisasi, public relation, advertising, jurnalistik, yang sangat dibutuhkan skillnya saat ini. semoga membantu

Tinggalkan komentar